1. PEMBUKAAN

Assalamualaikum wr.wb. perkenalkan saya Yofadikara Nurrohman, pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan apa itu grafik komputer dan pengolahan citra, serta apa perbedaan dari kedua hal tersebut. Baiklah hal pertama yang akan saya jelaskan adalah, apa itu grafik komputer?

1.1. Grafik Komputer
Grafik komputer adalah sebuah ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan memanipulasi gambar secara digital. Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah grafik komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafik komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Istilah “Grafik komputer“ ditemukan pada tahun 1960 oleh William Fetter. Grafik computer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.

Lalu, apa yang dimaksud dengan pengolahan citra?

1.2. Pengolahan Citra
Pengolahan citra adalah pemrosesan citra dengan menggunakan komputer, menjadi citra yang kualitasnya lebih baik. Meskipun citra kaya akan informasi namun kita semua tahu citra yang kita miliki masih belum bagus kualitasnya, misalnya mengandung cacat atau noise, warnanya terlalu kontras, kurang tajam, blur, dan sebagainya. Tentu saja citra semacam ini menjadi lebih sulit ditangkap oleh kita karena informasi yang disampaikan oleh citra tersebut menjadi berkurang. Agar citra yang mengalami gangguan mudah ditangkap baik oleh kita sebagai manusia maupun mesin, maka citra tersebut perlu dimanipulasi menjadi citra lain yang kualitasnya lebih baik.

2. ISI

Dari kedua pengertian yang sudah dijelaskan sebelumnya kalian dapat mengetahui secara general perbedaan diantara grafik komputer dan pengolahan citra, lalu apa saja perbedaannya? Terdapat beberapa poin perbedaan diantara keduanya, yaitu :

Pengolahan citra (image processing)
·         Berorientasi pixel
·         Mengolah data citra untuk mendapatkan interpretasi 2D/3D
·         Menitik beratkan pada manipulasi citra sesuai dengan keperluan user


Grafik komputer
·         Berorientasi vector
·         Menggunakan model 2D/3D hasil realistic
·         Cenderung mempelajari konsep dan implementasi metode untuk pembangkitan citra/animasi (2D/3D)

2.1. Penerapan Grafik Komputer

Grafik komputer tentu saja telah banyak digunakan oleh masyarakat global, penerapannya juga di berbagai bidang, seperti bidang hiburan, pendidikan, dan video game.

1.      Bidang Hiburan
   Misalkan pada film,grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik. Sudah banyak film film yang menggabungkan berbagai teknik, salah satunya penerapan grafik komputer agar tercapai sebuah film dengan efek efek yang mengagumkan, seperti penggunaan CGI dalam film Avengers.


2.      Bidang Pendidikan
       Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya.

3.      Bidang Video Game
           Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan feedback berupa visualisasi pada perangkat. Video game berguna untuk mengisi waktu luang kita semua. Aplikasi video game banyak beredar di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola FIFA. Dari yang offline hingga online, seperti DOTA, Mobile Legends. Dari PC, console, hingga mobile devices

2.2. Penerapan Pengolahan Citra

Pengolahan citra merupakan suatu proses untuk memperindah atau mempercantik suatu citra agar memiliki kualitas yang lebih baik, ada beberapa penerapan dari pengolahan citra, dan disini saya akan menjelaskan penerapan di bidang kedokteran, yaitu USG (Ultrasonografis Medis).
Kalian semua tahu USG kan? Ya, ultrasonografi medis atau biasa kita sebut USG adalah sebuah teknik diagnosa pencitraan menggunakan suara ultra yang digunakan untuk mencitrakan organ internal dan otot, ukuran mereka, struktur, dan luka patologi, sehingga kita dapat melihat apa yang ada di dalam tubuh kita dan berguna untuk memeriksa organ. USG biasa digunakan untuk memeriksa para ibu hamil. Pilihan frekuensi menentukan resolusi gambar dan penembusan ke dalam tubuh pasien. USG umumnya beroperasi pada frekuensi dari 2 sampai 13 MHz.

      3. KESIMPULAN

            Jadi, diantara grafik dan pengolahan citra memiliki perbedaan, baik dalam pengertian maupun dalam penerapannya. Grafik komputer memfokuskan pada pembuatan dan manipulasi gambar digital, sedangkan pengolahan citra lebih memfokuskan pemrosesan citra menjadi citra yang lebih berkualitas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar