1. PEMBUKAAN
Assalamualaikum
wr.wb. perkenalkan saya Yofadikara Nurrohman, pada kesempatan kali ini saya akan
memaparkan apa itu grafik komputer dan pengolahan citra, serta apa perbedaan
dari kedua hal tersebut. Baiklah hal pertama yang akan saya jelaskan adalah,
apa itu grafik komputer?
1.1.
Grafik Komputer
Grafik
komputer adalah sebuah ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan
memanipulasi gambar secara digital. Bentuk sederhana dari grafik
komputer adalah grafik komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafik
komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern
recognition). Istilah “Grafik komputer“ ditemukan pada tahun 1960 oleh William
Fetter. Grafik computer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Lalu,
apa yang dimaksud dengan pengolahan citra?
1.2. Pengolahan
Citra
Pengolahan
citra adalah pemrosesan citra dengan menggunakan komputer, menjadi
citra yang kualitasnya lebih baik. Meskipun citra kaya akan informasi namun kita semua tahu citra yang kita miliki masih belum bagus kualitasnya,
misalnya mengandung cacat atau noise, warnanya terlalu kontras, kurang
tajam, blur, dan sebagainya. Tentu saja citra semacam ini menjadi
lebih sulit ditangkap oleh kita karena informasi yang disampaikan oleh citra tersebut
menjadi berkurang. Agar citra yang mengalami gangguan mudah ditangkap baik oleh kita sebagai manusia maupun mesin, maka citra tersebut perlu dimanipulasi
menjadi citra lain yang kualitasnya lebih baik.
2. ISI
Dari kedua pengertian
yang sudah dijelaskan sebelumnya kalian dapat mengetahui secara general
perbedaan diantara grafik komputer dan pengolahan citra, lalu apa saja
perbedaannya? Terdapat beberapa poin perbedaan diantara keduanya, yaitu :
Pengolahan citra (image
processing)
·
Berorientasi pixel
·
Mengolah data citra untuk mendapatkan
interpretasi 2D/3D
·
Menitik beratkan pada manipulasi citra
sesuai dengan keperluan user
Grafik komputer
·
Berorientasi vector
·
Menggunakan model 2D/3D hasil realistic
·
Cenderung mempelajari konsep dan implementasi
metode untuk pembangkitan citra/animasi (2D/3D)
2.1. Penerapan
Grafik Komputer
Grafik komputer tentu saja telah banyak
digunakan oleh masyarakat global, penerapannya juga di berbagai bidang, seperti
bidang hiburan, pendidikan, dan video game.
1. Bidang
Hiburan
Misalkan pada
film,grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik. Sudah banyak film
film yang menggabungkan berbagai teknik, salah satunya penerapan grafik
komputer agar tercapai sebuah film dengan efek efek yang mengagumkan, seperti
penggunaan CGI dalam film Avengers.
2. Bidang
Pendidikan
Grafik
komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada
siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya.
3. Bidang
Video Game
Video game adalah
permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan
feedback berupa visualisasi pada perangkat. Video game berguna untuk mengisi waktu luang kita semua. Aplikasi video game banyak beredar di
pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3
dimensi, dan memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola FIFA. Dari yang
offline hingga online, seperti DOTA, Mobile Legends. Dari PC, console, hingga
mobile devices
2.2. Penerapan
Pengolahan Citra
Pengolahan
citra merupakan suatu proses untuk memperindah atau mempercantik suatu citra
agar memiliki kualitas yang lebih baik, ada beberapa penerapan dari pengolahan
citra, dan disini saya akan menjelaskan penerapan di bidang kedokteran, yaitu
USG (Ultrasonografis Medis).
Kalian semua tahu USG kan? Ya, ultrasonografi
medis atau biasa kita sebut USG adalah sebuah teknik diagnosa pencitraan menggunakan suara
ultra yang digunakan untuk mencitrakan organ internal dan otot, ukuran mereka,
struktur, dan luka patologi, sehingga kita dapat melihat apa yang ada di dalam tubuh kita dan berguna untuk memeriksa organ.
USG biasa digunakan untuk memeriksa para ibu hamil. Pilihan
frekuensi menentukan resolusi gambar dan penembusan ke dalam tubuh pasien. USG umumnya beroperasi pada frekuensi dari 2 sampai 13
MHz.
3. KESIMPULAN
Jadi,
diantara grafik dan pengolahan citra memiliki perbedaan, baik dalam pengertian
maupun dalam penerapannya. Grafik komputer memfokuskan pada pembuatan dan
manipulasi gambar digital, sedangkan pengolahan citra lebih memfokuskan
pemrosesan citra menjadi citra yang lebih berkualitas.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar